Google kembangkan aplikasi penangkal kecanduan smartphone

Oleh: Hieronimus Patardo - Rabu, 22 Jan 2020 17:46 WIB

Sulit fokus karena smartphone? Mungkin aplikasi eksperimen dari Google ini bisa membantu Anda mengurangi seringnya menggunakan smartphone.

Source: Google

Google dikabarkan baru saja meluncurkan tiga aplikasi eksperimen sebagai bagian dari Digital Wellbeing. Ketiganya ditujukan untuk membantu pengguna mengurangi penggunaan smartphone mereka. Tiga aplikasi itu sendiri berbentuk sebuah amplop yang seukuran dengan smartphone.

Yang menarik, aplikasi ini bisa memungkinkan pengguna melakukan panggilan telepon tanpa mengeluarkan ponsel mereka jika diperlukan. Namun perlu diketahui teknologi ini hanya bekerja untuk smartphone Pixel 3A untuk saat ini. Tidak diketahui dengan pasti apa alasan Google melakukan hal tersebut. 

Untuk dapat menggunakan fungsi amplop kecil ini, dibutuhkan sebuah aplikasi khusus di smartphone Pixel 3A, yang bernama Envelope. Aplikasi ini sudah bisa ditemukan di Google Play Store. Kemudian pengguna harus mencetak layout untuk Envelope, memotong template-nya dan mengikuti instruksi untuk memasangnya. 

Selanjutnya, buka aplikasi Envelope, masukkan ponsel Pixel 3A ke dalam tas kertas tersebut kemudian segel. Instruksinya, pengguna harus menggunakan lem untuk menyegel amplop itu. Nantinya amplop kertas ini akan menutup seluruh layar smartphone. Pengguna hanya mengandalkan cahaya dari layar yang menyala pada titik tertentu saja untuk mengaksesnya. 

Dilansir dari TheVerge (22/1), sejauh ini ada dua layout yang ditawarkan Google di Envelope, yakni deretan nomor untuk keperluan menelepon dan mengetahui waktu. Sementara desain lainnya hanya menawarkan fungsi kamera saja. Itu pun tanpa bantuan layar untuk melihat bagaimana foto atau video yang dihasilkan.