Google kembangkan alat pelacak mirip AirTags dan SmartTag

Oleh: Zhafira Chlistina - Kamis, 19 Jan 2023 13:11 WIB

Sebuah laporan menyebutkan bahwa Google tampaknya akan bergabung dalam pasar pelacak yang sudah dimainkan oleh pemain besar, seperti Apple dan Samsung.

Beberapa tahun lalu, Apple meluncurkan alat pelacak kompak bernama AirTags. Perangkat yang satu ini dibekali kemampuan konektifitas Bluetooth yang dapat digunakan untuk melacak objek tanpa konektivitas internet.

Seperti diketahui, AirTags memungkinkan mengirim ping secara anonim dengan informasi lokasi ke pemilik objek yang dilacak. Samsung kemudian menyusul dengan meluncurkan pelacak serupa yang mereka sebut sebagai Galaxy SmartTag.

Kini, sebuah laporan menyebutkan bahwa Google tampaknya akan bergabung dalam pasar tersebut. Dilansir dari BGR (19/1), Google diketahui sedang mengembangkan saingan AirTags dan SmartTag dengan nama kode yang sangat menarik, yakni "Grogu".

Leaker Kuba Wojciechowski, yang pertama kali menemukan bukti bahwa Google sedang mengerjakan perangkat mirip AirTags, mengungkapkan bahwa kode nama “Grogu”, "Groguaudio”, dan “GR10”, berasal dari tim Nest.

Menurut Wojciechowski, pelacak Google akan memiliki speaker onboard seperti AirTags. Perangkat akan mendukung konektivitas UWB dan Bluetooth Low Energy dan akan tersedia dalam berbagai warna.