Google hadirkan fitur hapus informasi pribadi dari hasil pencarian

Oleh: Zhafira Chlistina - Jumat, 30 Sep 2022 14:28 WIB

Fitur "Result about you" memungkinkan pengguna untuk mengajukan penghapusan hasil pencarian yang mungkin berisi informasi pribadi sepeti nomor telepon, alamat rumah atau alamat email.

Zaman sekarang, mudah untuk mencaritahu latar belakang seseorang. Dengan hanya mengetik nama di Google Search, sejumlah informasi pribadi nama tersebut akan muncul. Oleh sebab itu, Google menghadirkan fitur baru untuk memberikan lebih banyak privasi dan kontrol terkait informasi pribadi seseorang. 

Diumumkan baru-baru ini oleh Google, fitur disebut "Result about you". Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengajukan penghapusan hasil pencarian yang mungkin berisi informasi pribadi sepeti nomor telepon, alamat rumah atau alamat email.

Google menjelaskan fitur baru ini dapat digunakan dengan mengklik ikon titik tiga di samping hasil penelusuran apapun. Lalu, buka panel "Result about you" dan klik "Remove result."

Android Central melaporkan (30/9) "Result about you" baru diluncurkan untuk basis pengguna di Amerika Serikat pada 28 September. Perusahaan menyatakan dalam serangkaian tweet-nya bahwa fitur juga akan diluncurkan secara global pada waktu yang belum ditentukan.

Today, we're rolling out the “Results about you” tool for Google Search, making it easy to request the removal of search results that lead to content with personally identifying information, such as your personal phone number, home address or email address… pic.twitter.com/8D4eZ3Jftv