sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
Jumat, 30 Sep 2022 14:28 WIB

Google hadirkan fitur hapus informasi pribadi dari hasil pencarian

Fitur "Result about you" memungkinkan pengguna untuk mengajukan penghapusan hasil pencarian yang mungkin berisi informasi pribadi sepeti nomor telepon, alamat rumah atau alamat email.

Google hadirkan fitur hapus informasi pribadi dari hasil pencarian

Zaman sekarang, mudah untuk mencaritahu latar belakang seseorang. Dengan hanya mengetik nama di Google Search, sejumlah informasi pribadi nama tersebut akan muncul. Oleh sebab itu, Google menghadirkan fitur baru untuk memberikan lebih banyak privasi dan kontrol terkait informasi pribadi seseorang. 

Diumumkan baru-baru ini oleh Google, fitur disebut "Result about you". Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengajukan penghapusan hasil pencarian yang mungkin berisi informasi pribadi sepeti nomor telepon, alamat rumah atau alamat email.

Google menjelaskan fitur baru ini dapat digunakan dengan mengklik ikon titik tiga di samping hasil penelusuran apapun. Lalu, buka panel "Result about you" dan klik "Remove result."

Android Central melaporkan (30/9) "Result about you" baru diluncurkan untuk basis pengguna di Amerika Serikat pada 28 September. Perusahaan menyatakan dalam serangkaian tweet-nya bahwa fitur juga akan diluncurkan secara global pada waktu yang belum ditentukan.

Permintaan penghapusan informasi pribadi dilakukan melalui proses berbasis formulir. Selain meningkatkan privasi, Google juga mengungkapkan peningkatan yang akan datang di Search dapat meningkatkan hasil penelusuran yang lebih dipersonalisasi.

Terlepas dari itu, Google juga berencana meluncurkan fitur lainnya terkait informasi pribadi pada awal 2023 mendatang. Menurut laporan, fitur ini dirancang untuk memberitahu pengguna jika informasi pribadi tentangnya muncul dalam kueri penelusuran.

Dengan cara ini, menurut Google, pengguna dapat meninjau informasi pribadi tentangnya lebih lanjut dan mengajukan penghapusan hasil tersebut. 

Share
×
tekid
back to top