Tidak akan ada di iPad, fungsi sideloading hanya hadir di iPhone

Oleh: Erlanmart - Minggu, 28 Jan 2024 06:29 WIB

Meskipun iPadOS dan iOS berbagi landasan yang sama, Apple telah memilih untuk membatasi sideloading dan fitur terkait pada iPhone.

Source: AltStore

Apple baru-baru ini merilis iOS 17.4 beta, memperkenalkan perubahan penting sejalan dengan Undang-Undang Pasar Digital (DMA) Uni Eropa. Update ini, eksklusif untuk pengguna UE, memungkinkan sideloading, sebuah proses di mana pengguna dapat mengunduh dan menginstal aplikasi dari sumber di luar App Store resmi.

Dilansir dari Gizmochina (28/1), namun fitur ini saat ini terbatas hanya pada iPhone, tidak termasuk iPad dari fleksibilitas ini.

Perbedaan antara iPhone dan iPad dalam konteks ini sangatlah signifikan. Meskipun iPadOS dan iOS berbagi landasan yang sama, Apple telah memilih untuk membatasi sideloading dan fitur terkait pada iPhone.

Artinya, pengguna iPad tidak dapat menginstal toko aplikasi pihak ketiga atau mengunduh aplikasi dari toko tersebut. Selain itu, opsi seperti memilih mesin browser alternatif atau mengubah aplikasi pembayaran dompet default terbatas pada iPhone saja.

DMA UE memainkan peran penting dalam perkembangan ini. Perusahaan ini menargetkan platform teknologi besar, menyebut mereka sebagai “gatekeeper”, dan bertujuan untuk mendorong pasar yang lebih kompetitif dengan mengurangi pembatasan.