Fortnite akhirnya tersedia di Google Play Store

Oleh: Hieronimus Patardo - Rabu, 22 Apr 2020 17:36 WIB

Kehadiran Fortnite di Google Play Store mengindikasikan kalau Epic Games mulai menyerah untuk membujuk Google meninjau kembali sistem pembayaran di toko aplikasi tersebut.

Source: Epic Games Store

Gim Fortnite akhirnya tersedia di Google Play Store. Gim yang sudah tersedia untuk platform Android sejak sekitar satu setengah tahun lalu itu, akhirnya dapat diunduh di toko aplikasi milik Google. Sebelumnya, Epic Games bertahan dengan tidak memasukkan gim ini ke Google Play Store. Salah satu alasannya adalah sistem bagi hasil yang menurut Epic Games tidak fair bagi pengembang aplikasi. 

Sejak pertama kali meluncur, pemain dapat mengunduh gim tersebut langsung dari website resmi Epic Games. Namun, Google tampaknya berlaku cukup keras untuk setiap aplikasi yang diunduh dari luar Play Store. Pasalnya Google kerap memberitahu penggunanya kalau aplikasi yang diunduh dari luar Play Store berpotensi membawa ancaman bagi smartphone pengguna. 

“Google membuat software yang diunduh dari luar Google Play tidak diuntungkan, melalui langkah-langkah teknis seperti pop up keamanan yang terus berulang setiap kali mengunduh atau mengupdate aplikasi, pembatasan perjanjian dengan manufaktur dan sikap Google yang mengkarakteristik aplikasi dari sumber ketiga sebagai malware serta adanya usaha dari Google Play Protect untuk langsung memblokir aplikasi yang diperoleh dari luar Google Play Store.” demikian pernyataan yang diberikan Epic Games. 

Dilansir dari TheVerge (22/4) Epic Games harus membayar biaya 30% untuk setiap transaksi di aplikasinya. CEO Epic, Tim Sweeney termasuk salah satu orang yang cukup vokal mengutarakan keberatannya kepada Apple dan Google terkait kebijakan tersebut. Karena hal itulah, Epic sengaja menghindari Google Play Store untuk mendistribusikan aplikasinya ke para pemainnya.