Fitur katalog di WhatsApp Business resmi hadir di Indonesia

Oleh: Lely Maulida - Selasa, 03 Des 2019 14:50 WIB

Fitur katalog di WhatsApp Business berfungsi layaknya etalase produk bagi pelaku usaha di Indonesia.

Foto: Lely/ Tek.id

November lalu WhatsApp meluncurkan fitur katalog di WhatsApp Business. Fitur ini diluncurkan di beberapa negara secara global termasuk di India, Brazil dan Meksiko. Sebelum diluncurkan di Indonesia, perusahaan juga melakukan uji coba. Pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Tanah Air bahkan mendapat kesempatan untuk yang pertama menguji coba fitur katalog di WhatsApp Business.

"Indonesia merupakan negara yang penting bagi kami. Pelaku UKM di Indonesia menjadi salah satu yang pertama menguji coba fitur katalog di WhatsApp Business. Mereka bahkan mengadopsi fitur itu dengan cepat dan tercatat sebagai pengguna terbanyak yang mengadopsi katalog di banding negara lainnya," kata Sravanthi Dev, Direktur Komunikasi APAC, WhatsApp di Jakarta (3/12).

Fitur katalog di WhatsApp Business sendiri seperti etalase produk bagi pelaku usaha di Indonesia. Konsumen yang berkunjung ke profil pengguna WhatsApp Business bisa melihat produk yang mereka jual, harga produk hingga keterangan lainnya. Fitur katalog juga seperti toko virtual dimana produk bisa ditampilkan di WhatsApp Business, meskipun penjual tak memiliki toko offline.

"Diluncurkan sebulan yang lalu. Tanggapannya di Indonesia banyak masukan yang menunjukkan mereka peduli dengan pertumbuhan bisnisnya. Katalog ini akan membantu menyediakan etalase supaya bisnis mereka lebih besar, dan menarik konsumen yang suka melihat banyak produk," ujarnya.

Sesuai dengan prinsip WhatsApp, fitur katalog dirancang dengan sederhana. Pasalnya aplikasi WhatsApp sendiri memang dirancang agar bisa dijalankan di berbagai jaringan.