Facebook luncurkan fitur anti bully dan pelecehan terbaru

Oleh: Nur Chandra Laksana - Jumat, 05 Okt 2018 11:25 WIB

Dengan fitur ini, para korban dapat melaporkan pelecehan atau bully yang biasanya ditemukan di kolom komentar dari sebuah posting-an.

Facebook (Pexels)

Kasus pelecehan dan bully masih menjadi momok yang menakutkan di berbagai jejaring sosial, terlepas dari maraknya berita hoaks dan ujaran kebencian. Dan hingga saat ini, para pengembang di platform jejaring sosial masih mencoba mencari cara yang tepat untuk menekan kasus pelecehan dan bully.

Salah satunya adalah Facebook. Setelah meluncurkan AI yang dapat mendeteksi meme yang menyerang, kini mereka memiliki alat baru yang ditujukan untuk melindungi orang-orang dari kasus pelecehan dan bully.

Cara pertama adalah memberikan pengguna metode baru untuk menangani komentar yang melecehkan. Ketika seorang pengguna menemukan bahwa komentar pada posting mereka negatif, menyakitkan, atau tidak diinginkan, mereka akan dapat menyembunyikan atau menghapus komentar-komentar tersebut.

Sang korban dapat melaporkan bullying dan pelecehan atas nama pengguna lain. Hal ini dilakukan untuk menjaga privasi mereka. Jika Facebook memutuskan untuk tidak menghapus konten yang Anda laporkan, barulah sang korban dapat meminta peninjauan kedua.

Tapi, Facebook juga memiliki sistem di mana pihak pelapor dapat melakukan peninjauan kembali terhadap konten yang dihapus. Tim moderator kemudian akan melakukan peninjauan konten kembali.