Facebook gandeng induk Ray Ban untuk kembangkan kacamata AR

Oleh: Hieronimus Patardo - Rabu, 18 Sep 2019 09:40 WIB

Facebook dilaporkan memulai kerjasama dengan Luxottica untuk mengembangkan kacamata AR. Luxoticca merupakan perusahaan sama yang pernah bekerja mengembangkan Google Glass.

Source: Google

Facebook sudah lama berupaya untuk mengembangkan kacamata augmented reality selama beberapa tahun belakangan ini. Akhirnya Facebook mengumumkan kerjasama dengan Luxottica, perusahaan induk Ray Ban. Kerjasama ini dilakukan untuk menyelesaikan pengembangan kacamata AR.

Facebook dan Luxottica berencana untuk menyelesaikan kacamata ini antara tahun 2023 hingga 2025. Kacamata yang akan hadir dengan nama Orion itu bukan hanya didesain sebagai pelengkap smartphone, tetapi menggantikan smartphone di masa depan. 

Untuk diketahui, Orion dapat digunakan untuk melakukan panggilan telepon dan menampilkan sejumlah informasi kepada penggunanya melalui sebuah layar kecil. Tak hanya itu, terdapat sebuah kamera yang dapat digunakan langsung untuk live-stream. 

Facebook kabarnya juga mengembangkan asisten suara dengan kecerdasan buatan. Asisten ini akan berperan memberi masukan ketika kacamata tersebut sedang dikenakan. CNBC (18/9) juga menyebut bahwa perusahaan ini juga bereksperimen dengan sebuah perangkat berupa cincin yang memungkinkan pengguna untuk memasukkan informasi melalui sensor gerakan. Perangkat ini akan hadir dengan nama Agios. 

Ini bukanlah pertama kalinya Facebook bekerja untuk mengembangkan perangkat Augmented Reality. Di Facebook Reality Lab, di Redmond, Washington, perusahaan ini mengerahkan banyak tenaga kerjanya untuk mengembangkan perangkat tersebut. Menurut salah satu pekerja di sana, mereka belum mampu mengkompres ukuran perangkat itu agar mudah digunakan oleh para konsumen.