Elon Musk sanggupi permintaan layanan Starlink di Ukraina

Oleh: Nur Chandra Laksana - Senin, 28 Feb 2022 10:26 WIB

Selama masa invasi oleh Rusia, pihak Ukraina minta Elon Musk memberikan layanan Starlink di negara mereka agar masyarakat tetap dapat terhubung ke internet.

Serangan Rusia ke Ukraina telah menyebabkan beberapa infrastruktur di negara tersebut terputus. Salah satu contoh infrastruktur yang telah terputus adalah internet, dimana merupakan salah satu hal yang esensial di era modern ini.

Terputusnya internet akan dapat mempengaruhi alur perang yang terjadi saat ini, termasuk dikhawatirkannya munculnya propaganda oleh pihak tidak bertanggung jawab serta informasi hoax terkait situasi di Ukraina.

Oleh karena itu, beberapa waktu lalu, wakil perdana menteri Ukraina meminta tolong ke Elon Musk untuk menyediakan internet melalui satelit menggunakan layanan internet Starlink agar warga mereka dapat memberikan update akurat terkait situasi di negara tersebut.

“@elonmusk, saat Anda mencoba menjajah Mars, Rusia mencoba menduduki Ukraina! Sementara roket Anda berhasil mendarat dari luar angkasa, roket Rusia menyerang warga sipil Ukraina! Kami meminta Anda untuk menyediakan stasiun Starlink ke Ukraina dan memberi tahu orang Rusia yang waras untuk berdiri," tulis wakil PM Mykhailo Fedorov dalam tweet pada hari Sabtu waktu setempat.

Cuitan ini pun langsung mendapatkan respon dari Musk. Dalam sebuah cuitan di akun resmi Twitter miliknya, dia mengatakan akan mengirim satelit penerima Starlink ke Ukraina dalam waktu dekat ini.