Elon Musk akan hapus 1,5 miliar akun pengguna Twitter

Oleh: Erlanmart - Sabtu, 10 Des 2022 10:15 WIB

CEO Twitter, Elon Musk, dikabarkab akan menghapus sebanyak 1,5 miliar akun Twitter yang telah tidak aktif selama bertahun-tahun.

Elon Musk, sejak mengakuisisi Twitter seharga USD44 miliar, sudah beberapa kali membuat keputusan kontroversial sejak saat itu. Namun, tampaknya ia belum selesai, karena kabarnya ia telah mengumumkan keputusan baru terkait platform tersebut. Pengumuman ini menyebutkan bahwa 1,5 miliar akun yang tidak aktif di Twitter selama bertahun-tahun akan dihapus dalam waktu dekat. Semua data terkait dengan akun ini akan dihapus dari database.

Langkah itu merupakan bagian dari upaya yang lebih besar oleh Twitter untuk meningkatkan kualitas kontennya dan mengurangi penyebaran informasi yang salah di sosial media tersebut. Dalam tweet-nya, Musk berkata, “Twitter akan segera mulai membebaskan ruang nama dari 1,5 miliar akun.”

Twitter will soon start freeing the name space of 1.5 billion accounts — Elon Musk (@elonmusk) December 9, 2022

Musk menyatakan bahwa perusahaan akan mengambil pendekatan yang lebih proaktif untuk mengidentifikasi dan menghapus akun palsu atau tidak aktif. Dilansir dari Gizmochina (10/12), itu termasuk akun yang belum log-in atau membuat postingan apa pun di platform untuk jangka waktu yang lama. Kriteria pasti untuk akun yang tidak aktif belum diumumkan.

Penonaktifan akun ini diperkirakan berdampak signifikan pada basis pengguna Twitter, karena perusahaan saat ini memiliki sekitar 330 juta pengguna aktif. Belum jelas berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menutup semua akun yang tidak aktif.