Masuk pasar Indonesia, EdgeConneX hadirkan solusi pusat data hyperlocal dan hyperscale

Oleh: Nur Chandra Laksana - Kamis, 19 Mei 2022 13:05 WIB

Setelah mengakuisisi salah satu pusat data di Indonesia EdgeConneX siap menghadirkan solusi pusat data hyperlocal dan hyperscale.

EdgeConneX mencoba peruntungan mereka untuk menghadirkan solusi pusat data hyperlocal dan hyperscale global di Indonesia. Hal ini mereka lakukan dengan mengakuisisi pusat data GTN di Indonesia. 

Akuisisi ini menandai pasar kesembilan EdgeConneX di Asia. Posisi dari pusat data ini berada di Bekasi Cikarang, dimana merupakan sebuah pusat data bersertifikat Tier 3 yang telah beroperasi sejak 2016. 

Seperti diketahui, GTN didirikan melalui joint venture antara Mitsui Jepang dengan distributor dan integrator IT lokal, PT Multipolar Technology. Site yang mereka akuisisi diklaim dapat mendukung kapasitas lebih dari 90 MW.

Untuk pasar pusat data, Structure Research meramalkan bahwa pasar ini akan mencapai hampir US$650 juta pada tahun 2026, dengan hampir 2/3 diantaranya berasal dari permintaan hyperscaler.

Managing Director (APAC) di EdgeConneX, Kelvin Fong mengatakan bahwa Jakarta adalah salah satu pasar yang menyaksikan pertumbuhan pesat yang didorong oleh adopsi cloud