Dua laptop Chromebook terbaru Google gunakan prosesor Snapdragon

Oleh: Nur Chandra Laksana - Senin, 01 Jul 2019 08:25 WIB

Dua Chromebook yang memiliki kode ‘Cheza’ dan ‘Trogdor’ akan menggunakan prosesor mobile milik Qualcomm, meninggalkan prosesor milik Intel.

Snapdragon 855 (Qualcomm)

Google baru saja mengumumkan bahwa mereka akan segera hengkang dari bisnis tablet Android. Mereka pun mengakui, semenjak awal mereka tidak terlalu fokus untuk mengembangkan lini bisnis tersebut.

Sebagai gantinya, mereka akan memfokuskan diri dalam mengembangkan lini bisnis laptop mereka. Hal ini dibuktikan dengan bocoran terbaru yang menyebut mereka sedang mempersiapkan dua laptop baru.

Yang unik, kedua laptop Chromebook ini tidak akan menggunakan prosesor yang dibuat oleh Intel. Mereka dikabarkan akan menggunakan prosesor mobile yang dimiliki oleh Qualcomm untuk kedua laptop yang memiliki kode ‘Cheza’ dan ‘Trogdor’.

Yang unik, 9to5Google (1/7/2019) melaporkan, Google dikabarkan tidak akan menggunakan prosesor laptop mobile milik Qualcomm, yang bernama Snapdragon 8cx. Melainkan, mereka ingin menggunakan chipset flagship Qualcomm tahun lalu, yakni Snapdragon 845.

Yang akan menggunakan prosesor ini adalah Chromebook ‘Cheza’. Untuk varian ini, mereka akan mempersiapkan dua model dengan pilihan RAM sebesar 4GB atau 6GB. Laptop Chromebook lain yang menggunakan prosesor tersebut adalah salah satu milik HP.