Dian Siswarini dan misi memperjuangkan perempuan melampaui XL Axiata

Oleh: Insaf Albert Tarigan - Jumat, 20 Mei 2022 14:32 WIB

Pada kesempatan kali ini, Dian Siswarini, President Director & CEO XL Axiata sekaligus Co-Chair of W20 berbicara mengenai misi memperjuangkan wanita dalam perkembangan ekonomi.

Ketika COO Facebook - sekarang Meta - Sheryl Sandberg menerbitkan buku Lean In: Women, Work and the Will to Lead, tahun 2013, ia dengan cepat menjadi topik diskusi hangat di Amerika Serikat hingga akhirnya mengglobal. Melalui buku tersebut, Sheryl menganjurkan perempuan untuk memperjuangkan kesetaraan di tempat kerja. 

Dari buku ini pula, dia kemudian menginisiasi pembentukan Lean In Circles. Lean In Circles berisi 8-12 perempuan yang kini jumlahnya sudah mencapai 56.000 Circles di 188 negara. Para perempuan yang tergabung di Circles bertemu secara rutin untuk mendiskusikan topik-topik yang dibahas dalam buku Sheryl, kendala-kendala di dunia kerja, dan masukan dari sesama perempuan.

Salah satu dampak nyata dari buku Sheryl di tempat kerja adalah perempuan jadi lebih berani negosiasi gaji dan lebih berani mengambil keputusan ketika dihadapkan pada peluang pengembangan karir. Meski demikian, buku itu bukan tak punya pengkritik. Beberapa pengkritik malah menyebut Sheryl naif karena mengabaikan realita seperti kondisi keluarga atau kewajiban perempuan merawat orangtua yang sudah sepuh. Banyak yang sinis karena Sheryl memberi nasihat yang tampaknya hanya berlaku untuk perempuan kaya raya seperti dia.

Artikel ini tak bermaksud membahas buku Sheryl Sandberg atau gerakan global yang dimotorinya. Namun, saya perlu menyampaikan itu agar Sahabat Tek memahami bahwa perempuan adalah isu yang sangat kompleks, multidimensional, dan hampir mustahil menyelesaikan segala persoalannya dalam satu gerakan saja.

Termasuk gerakan negara-negara G20 dimana Indonesia merupakan salah satu anggotanya. Gerakan ini juga pada akhirnya harus memilih isu prioritas untuk diselesaikan secara bersama-sama dengan melibatkan sektor publik dan swasta. 

Tag