Diam-diam aplikasi travel rekam aktivitas pengguna

Oleh: Lely Maulida - Kamis, 07 Feb 2019 09:42 WIB

Aplikasi seperti Hollister, Air Canada, Expedia, dan Hotels.com menjadi beberapa aplikasi yang merekam aktivitas pengguna di ponsel.

TechCrunch berhasil mengungkap bahwa beberapa aplikasi di iPhone menggunakan layanan seperti Glassbox, firma analisis pengalaman pelanggan. Praktik itu bertujuan untuk melacak apa yang Anda geser atau pilih di layar ponsel secara diam-diam.

Aplikasi seperti Hollister, Air Canada, Expedia, dan Hotels.com menjadi beberapa aplikasi yang menerapkan praktik itu. Dilansir 9to5mac (7/2), dalam beberapa kasus mereka bahkan secara tidak sengaja mengumbar informasi sensitif.

Glassbox merupakan salah satu perusahaan analitik yang menggunakan teknologi "session replay". Ini memungkinkan pengembang merekam tampilan dan meninjau cara pengguna berinteraksi dengan aplikasi mereka.

"Setiap ketukan, penekanan tombol dan entri keyboard direkam," jelas TechCrunch.

Session replay memungkinkan pengembang aplikasi merekam layar, untuk melihat bagaimana penggunanya berinteraksi terhadap aplikasi. Praktik ini gunanya mencari tahu apakah ada fungsi di dalam apps yang tidak berjalan ataupun ketika mendeteksi kesalahan. Setiap ketukan, penekanan tombol dan entri keyboard secara efektif tercatat di screenshot. Lalu catatan tersebut dikirim kembali ke pengembang aplikasi.