Daftar negara yang rajin pakai WiFi selama pandemi corona

Oleh: Dinda Ayu Widiastuti - Rabu, 01 Apr 2020 16:47 WIB

Opensignal hadirkan analisis terkait perubahan perilaku pengguna seluler dan pengalaman jaringan yang terjadi selama krisis pandemi corona atau Covid-19 berlangsung. 

Source: Unsplash

Saat ini dunia sedang menghadapi pandemi Covid-19 dengan serangkaian tantangan di sektor kesehatan, sosial, dan ekonomi. Opensignal telah mengumumkan analisisnya terkait perubahan perilaku pengguna seluler dan pengalaman jaringan yang terjadi selama krisis pandemi Covid-19 berlangsung. 

Diharapkan analisis ini bisa membantu para operator seluler, regulator telekomunikasi, dan pemerintah untuk mempersiapkan serta menanggapi tantangan yang ada dikarenakan kehadiran virus tersebut. Diketahui Opensignal telah mengamati peningkatan Time on Wifi (waktu penggunaan Wifi) di beberapa negara. 

Di Asia, Opensignal melihat persentase waktu yang dihabiskan untuk terhubung ke jaringan Wifi meningkat di Hong Kong. Namun ini terjadi beberapa minggu sebelum adanya perubahan signifikan di sebagian besar wilayah Asia lainnya. Untuk Filipina terdapat lonjakan terhadap Time on Wifi dari minggu ke minggu pada minggu ketiga bulan Maret, yang dimulai pada 16 Maret saat pulau utama negara tersebut sedang dalam masa karantina. 

Berbeda dengan banyak negara lain, Opensignal tidak mendeteksi peningkatan signifikan di Indonesia antara minggu ke-2 Januari dan Minggu ke-3 Maret. Sama halnya juga di Singapura dan Jepang.