Cloud computing bisa bantu tingkatkan performa perusahaan

Oleh: Erlanmart - Selasa, 02 Feb 2021 15:27 WIB

Cloud computing adalah sebuah proses pengolahan daya komputasi melalui jaringan internet yang memiliki fungsi agar dapat menjalankan program melalui komputer yang telah terkoneksi.

Source: Pixabay via Pexels

Sudah banyak yang paham jika pandemi Covid-19 sangat berdampak terhadap perekonomian. Oleh karena itu, para pemimpin bisnis diharuskan untuk dapat menghadapi situasi yang tidak pernah terjadi dan terbayangkan sebelumnya. Selain perekonomian, pandemi juga memaksa kita merubah cara bersosialisasi.

Agar dapat menahan laju virus tersebut, perusahaan diwajibkan untuk membatasi jumlah karyawan yang masuk. Baik memberlakukan masuk secara bergiliran ataupun bekerja dari rumah. Kondisi seperti ini dapat mempengaruhi performa perusahaan, di mana mereka tidak dapat bergerak bebas seperti sebelum masa pandemi.

Dilatarbelakangi oleh persoalan tersebut, salah satu alternatif solusinya adalah menerapkan cloud computing atau komputasi awan. Teknologi ini mampu membuat perusahaan yang pada awalnya harus membeli seluruh infrastruktur teknologi, menjadi cukup hanya melakukan penyewaan pada provider cloud.

Cloud computing sendiri dapat diartikan sebagai sebuah sistem penyimpanan data pada server di internet. Ini juga dapat dikatakan sebagai sebuah proses pengolahan daya komputasi melalui jaringan internet yang memiliki fungsi agar dapat menjalankan program melalui komputer yang telah terkoneksi.

Hal inilah yang membuat cloud computing mampu mengurangi tingkat keruwetan dan kesulitan dalam mengelola insfrastruktur teknologi yang ada. Sehingga perusahaan dapat berfokus pada bisnis utama mereka. Salah satu layanan unggulan dari provider cloud saat ini adalah layanan pemulihan paskabencana atau Disaster Recovery as a Service yang memungkinkan perusahaan dapat memberikan layanan prima mereka, meskipun terjadi bencana alam maupun non-alam.