Cara Tokopedia optimalkan teknologi selama WFH

Oleh: Lely Maulida - Selasa, 06 Apr 2021 14:20 WIB

Tim teknologi Tokopedia membagikan pengalaman dan praktik terbaik mereka tentang bagaimana teknologi dapat memungkinkan 5.000 Nakama untuk WFH.

Tepat satu tahun Indonesia dilanda pandemi. Artinya sudah satu tahun pula Tokopedia menerapkan kebijakan Work From Home. Mengambil kebijakan tersebut bukanlah hal yang mudah. Selain membutuhkan persiapan yang matang guna mendukung kinerja Nakama (karyawan Tokopedia) dapat tetap maksimal, tim IT Tokopedia juga perlu memastikan bahwa Nakama dapat menggunakan sistem yang terintegrasi dan efektif. 

Melalui acara START Summit Extension yang diadakan pada 23 Maret 2021, Tokopedia Academy kembali mengajak para pegiat teknologi untuk berdiskusi bersama para ahli di bidangnya. Kali ini, START Summit Extension menghadirkan dua tim teknologi Tokopedia yaitu Chrystiadi Harris, Head of Engineering Tokopedia dan Ade Putra, Software Engineering Lead Tokopedia. 

Dengan mengangkat tema Tokopedia’s Enterprise-Scale IT Management, tim teknologi Tokopedia membagikan pengalaman dan praktik terbaik mereka tentang bagaimana teknologi dapat memungkinkan 5.000 Nakama untuk bekerja dari rumah selama lebih dari satu tahun, serta memfasilitasi Nakama dengan sistem yang menunjang kebutuhan mereka selama bekerja dari rumah.

Work From Home

Pada Maret 2020 tim IT enterprise Tokopedia mulai mempersiapkan segala kemungkinan yang akan terjadi, sehingga hal pertama yang dilakukan adalah memastikan seluruh Nakama memiliki akses VPN yang memadai.