Cara mudah perbaiki stik PS4 yang gagal terhubung

Oleh: Zulfikar Hardiansyah - Senin, 12 Jul 2021 17:13 WIB

Ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk memeriksa dan memperbaiki DualShock 4 yang tidak bisa terhubung. Jadi, Anda tidak perlu terburu-buru membeli stick baru.

Source: Unsplash

Bagi Anda pemain konsol gim PlayStation (PS) mungking kerap mengalami kendala pada stick. Apalagi stick yang sudah sering digunakan untuk bermain, dimana ketahanan fungsi dari perangkat bisa mengalami penurunan hingga mulai terjadi gangguan. Dilansir Android Central (12/7), gangguan yang sering terjadi ini  biasanya terjadi karena stick gagal terhubung dengan konsol secara tiba-tiba.

Gangguan semacam itu tentu bisa membuat kita dongkol karena dapat mengganggu jalannya permainan. Mungkin untuk Anda yang tidak sabar memeriksa kondisi stick, bisa langsung membeli perangkat baru. Namun, cara itu mungkin bisa berlaku apabila stick tersebut dari seri PS lama karena harganya yang sudah murah. Sedangkan jenis stick PS baru seperti DualShock 4 untuk seri PS4 yang orisinil, harganya cukup menguras kantong, sekitar Rp500.000 hingga Rp700.000 di e-commerce.

Di sisi lain, sebenarnya ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk memeriksa dan memperbaiki DualShock 4 yang tidak bisa terhubung. Jadi, Anda tidak perlu terburu-buru membeli stick baru. Berikut cara yang bisa dicoba untuk memperbaiki DualShock 4 yang gagal terhubung dengan PS4.

Pertama, Anda perlu mencoba untuk melakukan sinkronisasi ulang antara stick dan konsol. Coba sambungkan DualShock 4 Anda ke PS4 menggunakan kabel USB. Kemudian, tekan dan tahan tombol PS yang berada di bagian tengah stick.

Apabila DualShock 4 belum bisa terhubung ke PS4, coba untuk mematikan PS4 Anda terlebih dahulu. Setelah mati, coba untuk menyambungkan kembali DualShock 4 ke PS4 menggunakan kabel USB. Setelah itu sama seperti yang di atas, Anda perlu untuk menekan dan menahan tombol PS. Cara ini akan meminta stick untuk menyingkronkan ulang dengan konsol saat PS4 dinyalakan.