sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
Senin, 12 Jul 2021 17:13 WIB

Cara mudah perbaiki stik PS4 yang gagal terhubung

Ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk memeriksa dan memperbaiki DualShock 4 yang tidak bisa terhubung. Jadi, Anda tidak perlu terburu-buru membeli stick baru.

Cara mudah perbaiki stik PS4 yang gagal terhubung
Source: Unsplash

Bagi Anda pemain konsol gim PlayStation (PS) mungking kerap mengalami kendala pada stick. Apalagi stick yang sudah sering digunakan untuk bermain, dimana ketahanan fungsi dari perangkat bisa mengalami penurunan hingga mulai terjadi gangguan. Dilansir Android Central (12/7), gangguan yang sering terjadi ini  biasanya terjadi karena stick gagal terhubung dengan konsol secara tiba-tiba.

Gangguan semacam itu tentu bisa membuat kita dongkol karena dapat mengganggu jalannya permainan. Mungkin untuk Anda yang tidak sabar memeriksa kondisi stick, bisa langsung membeli perangkat baru. Namun, cara itu mungkin bisa berlaku apabila stick tersebut dari seri PS lama karena harganya yang sudah murah. Sedangkan jenis stick PS baru seperti DualShock 4 untuk seri PS4 yang orisinil, harganya cukup menguras kantong, sekitar Rp500.000 hingga Rp700.000 di e-commerce.

Di sisi lain, sebenarnya ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk memeriksa dan memperbaiki DualShock 4 yang tidak bisa terhubung. Jadi, Anda tidak perlu terburu-buru membeli stick baru. Berikut cara yang bisa dicoba untuk memperbaiki DualShock 4 yang gagal terhubung dengan PS4.

Pertama, Anda perlu mencoba untuk melakukan sinkronisasi ulang antara stick dan konsol. Coba sambungkan DualShock 4 Anda ke PS4 menggunakan kabel USB. Kemudian, tekan dan tahan tombol PS yang berada di bagian tengah stick.

Apabila DualShock 4 belum bisa terhubung ke PS4, coba untuk mematikan PS4 Anda terlebih dahulu. Setelah mati, coba untuk menyambungkan kembali DualShock 4 ke PS4 menggunakan kabel USB. Setelah itu sama seperti yang di atas, Anda perlu untuk menekan dan menahan tombol PS. Cara ini akan meminta stick untuk menyingkronkan ulang dengan konsol saat PS4 dinyalakan.

Apabila kedua cara di atas sudah dicoba tapi masih belum bisa terhubung, Anda harus mengatur ulang stick sepenuhnya atau hard reset. Anda bisa melakukan hard reset dengan dua cara. Pertama lihat di bagian belakang DualShock 4 terdapat lubang kecil di sebelah tombol L2. Lubang itu berisi tombol untuk mengatur ulang stick.

Setelah menemukan lubang itu, Anda perlu menekannya selama beberapa detik, bisa dengan menggunakan pin atau penusuk yang ukurannya kecil. Setelah ditekan, hubungkan DualShock 4 ke PS4 dengan menggunakan kabel USB. Lalu lakukan kembali, tekan dan tahan tombol PS untuk meminta upaya sinkronisasi ulang.

Cara sinkronisasi ulang di atas, bisa membantu mengatasi DualShock 4 yang gagal terhubung di PS4. Apabila masih gagal sinkronisasi ulang, pastikan jika kabel USB yang Anda gunakan tidak dalam kondisi rusak. Selain itu perlu diingat juga, DualShock 4 merupakan jenis stick yang menggunakan fitur koneksi Bluetooth untuk menyambungkan ke konsol. Jadi misalnya stick gagal terhubung dengan konsol, Anda juga perlu memastikan jika DualShock 4 tidak dalam kondisi terhubung dengan perangkat lain (seperti PC atau smartphone), saat akan menggunakannya untuk bermain PS4.

Share
×
tekid
back to top