Cara mendeteksi aplikasi berbahaya di Google Play Store

Oleh: Hieronimus Patardo - Jumat, 24 Apr 2020 18:04 WIB

Ancaman malware akan selalu menghantui pengguna smartphone. Namun, ada beberapa cara untuk menghindarinya.

Source: Google

Ancaman malware bagi pengguna smartphone akan selalu ada. Karena itu, pengembang toko aplikasi seperti Google dan Apple melarang penggunanya untuk mengunduh aplikasi dari luar toko resmi. Pasalnya hal ini bisa berujung pada infeksi malware di smartphone, terutama di saat isu Covid-19 masih hangat. 

Tidak hanya itu, Apple dan Google juga melakukan serangkaian cara untuk mencegah aplikasi jenis ini terdapat di toko resminya. Google punya layanan perlindungan yang bernama Google Play Protect. Sistem ini akan mendeteksi aplikasi yang memuat malware, adware, spyware, dan berbagai macam program berbahaya lainnya. 

Kendati begitu, para hacker tidak kehilangan akal untuk mencoba menerobosnya. Mereka dapat menyembunyikan keberadaan program berbahaya di balik kode aplikasinya, atau membuat aplikasi itu mengunduh malware ketika dijalankan. Karenanya, laporan aplikasi malware terus bermunculan sampai saat ini. 

Nah, sebelum akhirnya menjadi korban aplikasi berbahaya, sebenarnya ada cara yang bisa kalian lakukan untuk melihat apakah aplikasi itu aman atau tidak. Caranya bisa langsung dilakukan di Google Play Store atau App Store.