Penjelasan Instagram terkait algoritma di platformnya

Oleh: Nur Chandra Laksana - Rabu, 09 Jun 2021 11:27 WIB

Dalam sebuah postingan blog terbaru, Instagram memaparkan bagaimana cara algoritma baru mereka bekerja untuk para pengguna platformnya.

Sudah lebih dari lima tahun setelah Instagram memutuskan untuk berpindah dari menggunakan chronological feed dengan penggunaan algoritma untuk memberikan rekomendasi untuk penggunanya. 

Banyak orang yang mengatakan bahwa mereka rindu masa-masa sebelum Instagram memilih menggunakan algoritma baru. Sebab, mereka melihat bahwa rekomendasi yang muncul saat ini tidak sesuai dengan keinginan mereka.

Tapi, tampaknya Instagram tidak tertarik untuk kembali menggunakan sistem lama. Untuk membuat para pengguna yakin perpindahan ini merupakan sebuah hal yang tepat untuk dilakukan, Instagram pun memposting sebuah tulisan bagaimana teknologi tersebut bekerja.

Postingan blog tersebut ditulis oleh Adam Mosseri, kepala Instagram. Dia mengatakan, dalam sebuah aplikasi tidak hanya terdiri dari satu algoritma. Setiap bagian dari aplikasi memiliki seperangkat kode sendiri yang mengatur bagaimana peringkat konten.  

Semua algoritma secara umum bekerja dengan cara yang sama, meskipun nantinya disesuaikan dengan bagaimana seorang pengguna menggunakan Instagram.

Tag