Data tak sengaja terhapus? Ini cara mengembalikannya

Oleh: Nur Chandra Laksana - Rabu, 14 Jul 2021 17:35 WIB

Jika kalian tak sengaja menghapus file atau dokumen di PC atau laptop, jangan panik. Ini cara mengembalikannya!

Jika berbicara mengenai momen paling mengesalkan saat menggunakan PC atau laptop pasti cukup banyak yang bisa kita bicarakan. Tapi, ada satu momen yang bakal membuat semua orang panik, yakni saat tak sengaja menghapus sebuah file atau dokumen.

Hal ini membuat para pengguna panik, apa lagi file atau dokumen yang terhapus harus dikumpulkan atau dipresentasikan besok hari. Saking paniknya, pengguna pun sering lupa bagaimana cara mengembalikan data mereka.

Pada kesempatan kali ini, tim Tek.id akan membahas tiga solusi mengembalikan data, dari level paling mudah hingga yang paling sulit. Nah, kalau kalian penasaran, pastikan simak artikel ini.

Level pemula

Hal pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan mengecek Recycle Bin. Biasanya, kalian akan menemukan aplikasi ini di desktop, yang memiliki ikon seperti tempat sampah dengan logo recycle.

Kalian bisa mengecek aplikasi ini dengan beberapa syarat. Pertama adalah file atau dokumen yang terhapus tidak dihapus secara permanen. Misalnya saat kita memencet Shift+del atau melalui pilihan delete permanently.