Cara gabung program beta di Google Play

Oleh: Zhafira Chlistina - Kamis, 13 Mei 2021 16:04 WIB

Untuk merasakan aplikasi ataupun gim Android lebih awal, Anda bisa mendaftarnya melalui opsi program beta di Google Play Store.

Pengujian beta adalah proses yang menguntungkan bagi para gamer maupun pengembang. Gamer yang berkesempatan merasakan gim dalam pengujian dapat mengetahui informasi lebih dahulu sebelum publik, sementara pengembang menerima umpan balik gratis untuk menguji gim sebelum dirilis.

Kebanyakan aplikasi dan gim Android melakukan proses ini untuk membantu memperbaiki bug atau cacat desain yang mungkin terjadi sebelum diluncurkan. 

Pengujian beta terdiri dari beta tertutup dan beta terbuka. Yang tertutup biasanya hanya ditujukan bagi undangan yang dihubungi langsung melalui studio pengembang ataupun tim PR. mereka biasanya dipilih melalui saluran komunitas, seperti Twitter, Facebook, dan Discord. Gamer yang menerima pengujian beta ini diberikan akses khusus untuk kemudian mengunduh APK di luar Google Play Store

Di sisi lain, beta terbuka tersedia bagi siapa saja dengan mendaftar langsung melalui Google Play Store. Opsi untuk bergabung dengan beta akan terlihat di daftar aplikasi atau gim. Anda dapat bergabung dan keluar kapan saja. Meski dibatasi untuk sejumlah pengguna tertentu, Anda masih bisa mendaftarnya dengan mengikuti langkah di bawah ini.

Cara bergabung program beta di aplikasi Google Play Store