Ramai data pribadi dipakai untuk latih AI, begini cara menghindarinya

Oleh: Zhafira Chlistina - Jumat, 08 Sep 2023 07:36 WIB

Model AI yang digunakan oleh perusahaan harus dilatih dan seringkali mereka menggunakan data yang tersedia secara umum untuk melatih model tersebut.

Source: Unsplash/Philipp Katzenberger

Tahun ini, peningkatan yang stabil dalam bidang kecerdasan buatan (AI) generatif terjadi, dengan perusahaan-perusahaan besar seperti Microsoft dan Google turut andil.

Meskipun kemajuan dalam bidang AI sangat besar, namun ada konsekuensinya di baliknya. Model AI yang digunakan oleh perusahaan harus dilatih dan seringkali mereka menggunakan data yang tersedia secara umum untuk melatih model tersebut.

Praktik ini tentunya menciptakan mimpi buruk bari privasi pengguna. Apalagi, data yang dipakai mencakup Personally Identifiable Information (PII). 

Untungnya, Meta menginisiasi sebuah gerakan yang memungkinkan penggunanya mengambil kembali kendali atas data mereka, sehingga tidak dapat dipakai untuk melatih model AI.

Dilansir dari Neowin (7/9), raksasa media sosial ini mengizinkan pengguna untuk mengajukan permintaan melalui sebuah formulir, jika mereka tidak ingin datanya dipakai ntuk melatih berbagai model AI-nya.