Blockchain dan Indonesia, bisa seefektif apa?

Oleh: Nur Chandra Laksana - Minggu, 12 Mei 2019 09:05 WIB

Tujuan dari penerapan sistem ini sangat luas, bisa dari sektor privat maupun pemerintahan. Diharapkan kedepannya, adopsi Blockchain di Indonesia akan terus meningkat.

Menurut Executive Director of Asosiasi Blockchain Indonesia, Muhammad Deivito Dunggio, "banyak manfaat dari Blockchain untuk diadopsikan di Indonesia, baik di sektor privat atau pemerintah."

Blockchain merupakan salah satu sistem baru. Bukan hanya di Indonesia, bahkan di negara-negara maju pun menganggap Blockchain masih merupakan salah satu hal yang baru.

Padahal, sistem ini sudah berada bersama teknologi lain selama 10 tahun. Ya, jika Anda jeli, sebenarnya Blockchain merupakan teknologi yang diadopsi oleh salah satu mata uang digital Bitcoin.

Kontradiksi penggunaan Bitcoin pun terjadi di Indonesia. Awalnya, mata uang digital tersebut dicekal. Tapi, pada akhirnya Indonesia pun terbuka untuk mata uang digital itu.

Beberapa tahun kemudian, teknologi Blockchain pun semakin erat dipakai oleh berbagai perusahaan di Indonesia. Bahkan, pemerintah Indonesia pun sudah mulai meliriknya.