Berkat AR, pengguna bisa coba lipstik virtual di Youtube

Oleh: Lely Maulida - Rabu, 19 Jun 2019 17:33 WIB

Dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR), Youtube mengenalkan fitur baru untuk menguji coba tampilan virtual langsung dari aplikasi.

(Foto: Techcrunch)

Tutorial make up menjadi salah satu konten terpopuler di Youtube karena mampu membantu pengguna mencoba dan menerapkan produk baru. Menyadari hal tersebut Youtube kini meningkatkan pengalaman pengguna ketika menyaksikan konten tutorial make up pada platform-nya. Dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR), Youtube mengenalkan fitur baru untuk menguji coba tampilan virtual langsung dari aplikasi.

Disebut AR Beauty Try-On, fitur ini dirancang untuk digunakan dengan pengalaman layar terpisah sembari audiens Youtube menyimak tutorial. Saat fitur ini digunakan, video tutorial make up Youtube akan diputar di atas layar, sementara kamera pengguna akan menghadap ke depan dan tampilannya tepat dibawah video tutorial. Dengan dukungan ini, pengguna bisa memilih warna seperti warna lipstik baru kemudian menerapkannya di wajah mereka sendiri sembari video tutorial tayang

Dilansir TechCrunch (19/6), fitur itu tengah dalam tahap awal pengembangan dan ditawarkan kepada kreator Youtube melalui program FameBit. Melalui program ini, merek yang digunakan memiliki hubungan dengan influencer Youtube yang memasarkan produk mereka.

Youtube mengatakan telah menguji AR Beauty Try-On dengan beberapa merek kosmetik. Hasilnya ditemukan bahwa 30% audiens memilih untuk mengaktifkan pengalaman berkat dukungan AR baru. Meski jumlah tersebut tidak begitu banyak, mereka cukup terlibat dalam mencoba fitur baru dimana mereka menghabiskan lebih dari 80 detik untuk mencoba lipstik virtual.

MAC Cosmetics merupakan merek pertama yang meluncurkan kampanye AR Beauty Try-On. AR Beauty Try-On sendiri merupakan yang terbaru dari beberapa inisiatif AR Google termasuk peluncuran AR di Google Search.