Berkat AR, pengguna bisa coba lipstik virtual di Youtube

Dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR), Youtube mengenalkan fitur baru untuk menguji coba tampilan virtual langsung dari aplikasi.

Berkat AR, pengguna bisa coba lipstik virtual di Youtube (Foto: Techcrunch)

Tutorial make up menjadi salah satu konten terpopuler di Youtube karena mampu membantu pengguna mencoba dan menerapkan produk baru. Menyadari hal tersebut Youtube kini meningkatkan pengalaman pengguna ketika menyaksikan konten tutorial make up pada platform-nya. Dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR), Youtube mengenalkan fitur baru untuk menguji coba tampilan virtual langsung dari aplikasi.

Disebut AR Beauty Try-On, fitur ini dirancang untuk digunakan dengan pengalaman layar terpisah sembari audiens Youtube menyimak tutorial. Saat fitur ini digunakan, video tutorial make up Youtube akan diputar di atas layar, sementara kamera pengguna akan menghadap ke depan dan tampilannya tepat dibawah video tutorial. Dengan dukungan ini, pengguna bisa memilih warna seperti warna lipstik baru kemudian menerapkannya di wajah mereka sendiri sembari video tutorial tayang


BACA JUGA

Belajar di YouTube bakal makin menyenangkan

Klaim perlindungan hak cipta kreator di YouTube kini lebih mudah

YouTube Music hadirkan fitur smart downloads


Dilansir TechCrunch (19/6), fitur itu tengah dalam tahap awal pengembangan dan ditawarkan kepada kreator Youtube melalui program FameBit. Melalui program ini, merek yang digunakan memiliki hubungan dengan influencer Youtube yang memasarkan produk mereka.

Youtube mengatakan telah menguji AR Beauty Try-On dengan beberapa merek kosmetik. Hasilnya ditemukan bahwa 30% audiens memilih untuk mengaktifkan pengalaman berkat dukungan AR baru. Meski jumlah tersebut tidak begitu banyak, mereka cukup terlibat dalam mencoba fitur baru dimana mereka menghabiskan lebih dari 80 detik untuk mencoba lipstik virtual.

MAC Cosmetics merupakan merek pertama yang meluncurkan kampanye AR Beauty Try-On. AR Beauty Try-On sendiri merupakan yang terbaru dari beberapa inisiatif AR Google termasuk peluncuran AR di Google Search.

Namun demikian, Google bukan perusahaan pertama yang menawarkan pengujian kosmetik secara virtual. Ada sejumlah aplikasi kecantikan AR yang menawarkan pengalaman serupa dengan AR Beauty Try-On YouTube termasuk YouCam Makeup, Artis Virtual Sephora, GLAMLab Ulta, dan lainnya.

L'Oréal sebelumnya juga menawarkan Live Try-On di situs web-nya, dan bermitra dengan Facebook pada tahun lalu untuk menghadirkan riasan virtual. Perbedaan dengan Try-On AR di YouTube adalah bahwa fitur ini menawarkan kampanye iklan yang diberdayakan AR.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: