Begini cara lindungi data pribadi di Facebook

Oleh: Erlanmart - Rabu, 21 Mar 2018 13:03 WIB

Soalnya data Anda dapat disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk keperluan tidak baik

Ilustrasi: 20minutes.fr

Facebook sedang mengalami masalah lantaran data penggunanya disalahgunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab. Dilansir dari The Verge (20/3), pihak tersebut adalah Cambridge Analytica, sebuah firma analis data yang digunakan oleh Donald Trump saat kampanye pemilihan presiden Amerika Serikat pada tahun 2016. Ternyata, Cambridge Analytica menyalahgunakan data sebanyak 50 juta pengguna Facebook melalui perusahaan riset Strategic Communication Labolatories, dan melanggar peraturan Facebook mengenai data pengguna.

Berkaca dari kejadian tersebut, sebaiknya Anda mengamankan data diri dan menggunakan Facebook sebagai sebuah alat tanpa membocorkan data pribadi. Tidak ada satu pengguna pun yang dapat menghindari perusahaan seperti Cambridge Analytica dengan mengelabuhi publik dan Facebook tentang asal-muasal datanya dan bagaimana mereka menggunakannya. Namun setidaknya Anda dapat meminimalisir kejadian tersebut dengan cara-cara berikut.

1. Matikan layanan lokasi

Data lokasi adalah akses data yang paling sensitif yang dapat diberikan ke suatu aplikasi atau layanan pihak ketiga. Dengan data lokasi, banyak perusahaan mengetahui ke mana Anda pergi, dari mana Anda berasal, dan bahkan dapat mengumpulkan informasi dari perjalanan sehari-hari seperti dimana Anda tinggal dan bekerja, serta restoran yang sering dikunjungi.

Untuk menonaktifkan atau membatasi akses Facebook ke lokasi Anda, pada perangkat iOS, pergi ke pengaturan, gulir layar ke bawah dan temukan “Privacy” di tab General, dan pilih Location Services. Di situ, Anda dapat mematikan seluruh fitur tersebut, dan hanya menggunakannya ketika berdasarkan aplikasi tertentu. Geser ke bawah hingga menemukan Facebook, dan ganti ke “While Using the App” atau “Never”. Tidak ada alasan yang cukup baik untuk membiarkan facebook mengakses lokasi Anda setiap waktu, jadi pastikan jangan pernah memilih “Always.”