Bantu UMKM transformasi, Grab hadirkan aplikasi khusus GrabMerchant

Oleh: Lely Maulida - Kamis, 11 Jun 2020 21:23 WIB

Aplikasi GrabMerchant akan membantu pelaku UMKM untuk bertransformasi menjadi bisnis online, berkembang di era ekonomi digital, dan beradaptasi saat New Normal.

Grab meluncurkan GrabMerchant yang merupakan platform all-in-one, ditujukan untuk membantu Usaha Mikro, Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia. Aplikasi ini akan membantu pelaku UMKM untuk bertransformasi menjadi bisnis online, berkembang di era ekonomi digital, dan beradaptasi dengan tatanan baru saat New Normal.

GrabMerchant mencakup aplikasi dan web portal. Platform ini dilengkapi dengan sejumlah fitur yang mudah digunakan oleh para mitra merchant guna menjalankan dan mengelola bisnis mereka. Secara khusus, aplikasi GrabMerchant membantu mitra merchant Grab dalam mengelola operasional bisnis sehari-hari dan mengakses fitur-fitur penunjang pertumbuhan bisnis. Sementara itu, web portal GrabMerchant menyediakan informasi yang komprehensif mengenai kinerja bisnis di seluruh jaringan toko online yang mereka jalankan. 

"GrabMerchant dibuat untuk membantu transformasi digital UMKM Indonesia. Ini akan menjadi alat untuk mengembangkan bisnis mereka secara online. Semuanya dalam satu aplikasi, dilengkapi dengan fitur yang mudah digunakan dalam menjalankan bisnis mereka secara menyeluruh, memungkinkan pengelolaan operasional sehar-hari dan fitur untuk mengembangkan bisnis," kata Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia dalam konferensi pers virtual, Rabu (11/6).

Teten Masduki, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah yang turut hadir dalam kesempatan tersebut menyatakan penjualan online meningkat selama pandemi di Indonesia sebesar 18%. Oleh karena itu digitalisasi memang diperlukan untuk mengembangkan UMKM dan memudahkan konsumen di Indonesia.

"Kita tahu digitalisasi UMKM sudah menjadi fokus pemerintah. Saat pandemi, seluruh UMKM yang terhubung dengan e-commerce tumbuh. Penjualan online naik 18%. Jadi memang digitalisasi UMKM berdampak positif menumbuhkembangkan UMKM dan memudahkan konsumen. Karena itu saya kira inovasi GrabMerchant bisa menjadi solusi bagi UMKM untuk berkembang dan meningkatkan pelayanan ke konsumen," katanya.