sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
Kamis, 11 Jun 2020 21:23 WIB

Bantu UMKM transformasi, Grab hadirkan aplikasi khusus GrabMerchant

Aplikasi GrabMerchant akan membantu pelaku UMKM untuk bertransformasi menjadi bisnis online, berkembang di era ekonomi digital, dan beradaptasi saat New Normal.

Bantu UMKM transformasi, Grab hadirkan aplikasi khusus GrabMerchant

Grab meluncurkan GrabMerchant yang merupakan platform all-in-one, ditujukan untuk membantu Usaha Mikro, Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia. Aplikasi ini akan membantu pelaku UMKM untuk bertransformasi menjadi bisnis online, berkembang di era ekonomi digital, dan beradaptasi dengan tatanan baru saat New Normal.

GrabMerchant mencakup aplikasi dan web portal. Platform ini dilengkapi dengan sejumlah fitur yang mudah digunakan oleh para mitra merchant guna menjalankan dan mengelola bisnis mereka. Secara khusus, aplikasi GrabMerchant membantu mitra merchant Grab dalam mengelola operasional bisnis sehari-hari dan mengakses fitur-fitur penunjang pertumbuhan bisnis. Sementara itu, web portal GrabMerchant menyediakan informasi yang komprehensif mengenai kinerja bisnis di seluruh jaringan toko online yang mereka jalankan. 

"GrabMerchant dibuat untuk membantu transformasi digital UMKM Indonesia. Ini akan menjadi alat untuk mengembangkan bisnis mereka secara online. Semuanya dalam satu aplikasi, dilengkapi dengan fitur yang mudah digunakan dalam menjalankan bisnis mereka secara menyeluruh, memungkinkan pengelolaan operasional sehar-hari dan fitur untuk mengembangkan bisnis," kata Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia dalam konferensi pers virtual, Rabu (11/6).

Teten Masduki, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah yang turut hadir dalam kesempatan tersebut menyatakan penjualan online meningkat selama pandemi di Indonesia sebesar 18%. Oleh karena itu digitalisasi memang diperlukan untuk mengembangkan UMKM dan memudahkan konsumen di Indonesia.

"Kita tahu digitalisasi UMKM sudah menjadi fokus pemerintah. Saat pandemi, seluruh UMKM yang terhubung dengan e-commerce tumbuh. Penjualan online naik 18%. Jadi memang digitalisasi UMKM berdampak positif menumbuhkembangkan UMKM dan memudahkan konsumen. Karena itu saya kira inovasi GrabMerchant bisa menjadi solusi bagi UMKM untuk berkembang dan meningkatkan pelayanan ke konsumen," katanya.

Untuk saat ini GrabMarchant hanya dapat diakses oleh merchant GrabFood. Namun demikian layanan ini nantinya akan dikembangkan oleh perusahaan untuk juga mengakomodir merchant Grab lainnya seperti GrabMart. Aplikasi GrabMerchant dapat diunduh di Google Play Store hari ini, dan portal web akan diluncurkan pada Juli mendatang. Para mitra merchant yang telah bergabung dengan GrabFood harus memperbarui aplikasi GrabFood Merchant untuk menggunakan GrabMerchant.

Fitur-fitur GrabMerchant

  • Pendaftaran Mandiri

Para pelaku bisnis di sektor kuliner sekarang dapat mengunduh aplikasi GrabMerchant, mengikuti proses pendaftaran untuk membuka toko online mereka, dan mulai berjualan di GrabFood paling cepat dalam jangka waktu 24 jam. Proses pendaftaran sepenuhnya dapat dilakukan secara digital dan merchant dapat melihat status pendaftaran mereka secara real-time melalui aplikasi GrabMerchant. 

  • Profil Pemilik, Pengelola Toko, dan Kasir untuk keamanan ekstra

GrabMerchant dilengkapi dengan tiga profil pengguna untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam menjalankan bisnis. Profil Pemilik akan memperoleh akses penuh ke berbagai layanan dan fitur GrabMerchant mulai dari manajemen operasional, pemantauan dan analisis kinerja bisnis, pelunasan pembayaran, manajemen inventaris, manajemen kampanye pemasaran, hingga pengajuan fasilitas keuangan. Profil Pengelola Toko membantu penggunanya untuk mengawasi dan mengelola operasional toko sehari-hari, sementara Profil Kasir hanya dapat menggunakan fungsi pembayaran dan pengelolaan pesanan. Fitur Profil Pengguna ini menyediakan lapisan keamanan tambahan untuk para pemilik usaha dengan cara membatasi akses karyawan ke informasi bisnis yang sensitif. 

  • Grosir

Melengkapi persediaan bahan-bahan untuk menjalankan bisnis selalu menjadi tantangan bagi UMKM. Selain karena biaya pengiriman yang tinggi, mereka juga harus membeli persediaan dan bahan-bahan dengan harga eceran dari pasar tradisional. Hal ini tentu saja tidak murah dan merepotkan.

Melalui fitur Grosir, Grab bekerja sama dengan mitra penyedia bahan-bahan pokok yang berkualitas di berbagai kota, seperti TaniHub dan Sayurbox. Mitra merchant sekarang dapat membeli persediaan dan bahan-bahan dengan harga grosir, sekaligus menikmati kenyamanan layanan pengiriman barang ‘satu hari sampai’/next-day delivery. Layanan ini tersedia untuk 100,000 mitra merchant di beberapa wilayah di tujuh kota di Indonesia.

  • Pemasaran

Fitur Marketing dalam aplikasi GrabMerchant akan dilengkapi dengan perangkat Pengaturan Iklan, yang membantu bisnis untuk mengembangkan iklan yang menarik dalam beberapa menit saja dengan biaya hanya US$1 per hari untuk mendorong awareness pelanggan dan meningkatkan penjualan di toko GrabFood mereka. Dengan fitur ini, mitra merchant GrabFood dapat membuat iklan banner dan iklan pencarian, memilih sasaran audiens, dan mengakses kinerja iklan tersebut secara real-time melalui laporan yang mudah dipahami.

Selain itu, mitra merchant juga dapat berpartisipasi dalam rekomendasi kampanye yang dijalankan Grab dan menyusun skema promosi untuk menjangkau lebih banyak lagi pelanggan dengan perangkat ‘Promo’ yang tersedia dalam fitur Pemasaran.

  • Laporan Bisnis

Fitur ini memberikan UMKM gambaran tentang bisnis mereka dari sisi kinerja penjualan, efisiensi kegiatan operasional, kebiasaan belanja pelanggan mereka, dan efektivitas dari kampanye pemasaran yang dilakukan. Hal ini akan membantu mereka mengatasi tantangan kegiatan operasional bisnis serta menemukan dan menangkap dengan cepat berbagai peluang bisnis baru, seperti membuat paket menu makanan berdasarkan apa yang sering dipesan oleh pelanggan. 

Share
×
tekid
back to top