Awas! Jangan asal scan dan buka link kode QR

Oleh: Nur Chandra Laksana - Rabu, 12 Mei 2021 16:35 WIB

Kode QR saat ini memang memudahkan para pengguna untuk melakukan transaksi. Namun, para peneliti keamanan melihat ada celah keamanan untuk teknologi tersebut.

Kaspersky

Pembayaran menggunakan kode QR saat ini sedang digalakkan oleh pemerintah Indonesia. Hal ini dikarenakan pemerintah sedang menggalakan pembayaran cashless untuk menekan penyebaran pandemi yang saat ini sedang terjadi.

Seperti diketahui, hampir semua fintech populer saat ini sudah memiliki cara pembayaran menggunakan QR Code. Bahkan para pemilik bank juga sudah menggunakan metode ini sebagai pembayaran hingga transfer antar pengguna.

Digunakan teknologi ini bukan hanya dikarenakan untuk mengurangi sentuhan tangan saja. Namun, hal ini dikarenakan hampir di semua smartphone modern saat ini dapat dengan mudah mengolah kode QR.

Namun, dibalik kemudahan penggunaan kode QR untuk melakukan pembayaran dan transfer dana, kode QR juga digunakan oleh penjahat untuk menipu para pengguna smartphone. Hal ini diungkapkan oleh para peneliti keamanan di Kaspersky.

Salah satu cara yang dilakukan oleh para peretas adalah dengan cara membuat tautan palsu untuk mengelabui para calon korbannya. Tak jarang para pihak yang tak bertanggung jawab menebar kode QR berbahaya tersebut di berbagai lokasi populer.