Apple resmi umumkan M1 Ultra, dua M1 Max jadi satu

Oleh: Nur Chandra Laksana - Rabu, 09 Mar 2022 01:54 WIB

Apple memperkenalkan kehadiran M1 Ultra, prosesor terkuat milik mereka saat ini yang menggabungkan dua prosesor M1 Max menggunakan teknologi bernama UltraFusion Architecture.

Lagi-lagi Apple mengejutkan para penggemar teknologi dengan menghadirkan prosesor yang lebih kuat dari M1 Max. Padahal, M1 Max baru sempat memegang titel sebagai prosesor terkencang milik Apple selama beberapa bulan saja.

Pihak Apple mengatakan, untuk membuat sebuah prosesor yang lebih bertenaga dari M1 Max merupakan tantangan yang cukup berat. Namun, pada akhirnya mereka memilih jalan pintas dengan menjahit dua prosesor M1 Max menjadi prosesor baru, yang disebut M1 Ultra.

Teknologi penjahitan kedua prosesor ini disebut sebagai UltraFusion Architecture. Mereka mengklaim ini kali pertama di industri dimana menggabungkan dua prosesor menjadi satu prosesor baru. Tampaknya mereka lupa dengan AMD yang sudah melakukan hal ini beberapa tahun yang lalu.

Menariknya, Apple mengklaim bahwa prosesor yang satu ini akan memiliki kecepatan interprocessor bandwidth dengan kecepatan hingga 2,5TB/s. Mereka mengklaim, teknologi ini akan menawarkan performa tinggi namun tetap irit daya.

Di dalam prosesor ini, Apple mengatakan bahwa ada 114 miliar transistor didalamnya. Dan dengan digabungkannya dua chip M1 Max menjadi M1 Ultra, pengguna juga akan mendapatkan dukungan memory bandwidth di angka 800GB/s.