sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
Rabu, 09 Mar 2022 01:54 WIB

Apple resmi umumkan M1 Ultra, dua M1 Max jadi satu

Apple memperkenalkan kehadiran M1 Ultra, prosesor terkuat milik mereka saat ini yang menggabungkan dua prosesor M1 Max menggunakan teknologi bernama UltraFusion Architecture.

Apple resmi umumkan M1 Ultra, dua M1 Max jadi satu

Lagi-lagi Apple mengejutkan para penggemar teknologi dengan menghadirkan prosesor yang lebih kuat dari M1 Max. Padahal, M1 Max baru sempat memegang titel sebagai prosesor terkencang milik Apple selama beberapa bulan saja.

Pihak Apple mengatakan, untuk membuat sebuah prosesor yang lebih bertenaga dari M1 Max merupakan tantangan yang cukup berat. Namun, pada akhirnya mereka memilih jalan pintas dengan menjahit dua prosesor M1 Max menjadi prosesor baru, yang disebut M1 Ultra.

Teknologi penjahitan kedua prosesor ini disebut sebagai UltraFusion Architecture. Mereka mengklaim ini kali pertama di industri dimana menggabungkan dua prosesor menjadi satu prosesor baru. Tampaknya mereka lupa dengan AMD yang sudah melakukan hal ini beberapa tahun yang lalu.

Menariknya, Apple mengklaim bahwa prosesor yang satu ini akan memiliki kecepatan interprocessor bandwidth dengan kecepatan hingga 2,5TB/s. Mereka mengklaim, teknologi ini akan menawarkan performa tinggi namun tetap irit daya.

Di dalam prosesor ini, Apple mengatakan bahwa ada 114 miliar transistor didalamnya. Dan dengan digabungkannya dua chip M1 Max menjadi M1 Ultra, pengguna juga akan mendapatkan dukungan memory bandwidth di angka 800GB/s.

Selain itu, pengguna juga akan mendapatkan sebuah komputer atau laptop dengan 128GB RAM Unified Memory. Tentu saja, ini merupakan jumlah RAM yang besar untuk sebuah prosesor berbasis ARM.

Sementara itu, untuk spesifikasi lengkapnya, M1 Ultra akan memiliki total 20 core CPU yang terdiri dari 16 high-performance core dengan 48MP L2 cache dan 4 high efficiency core dengan 8MB L2 Cache.

Untuk GPU, prosesor ini mendukung GPU dengan total 64 core, dimana memiliki 8192 execution units dan 21 teraflops. Di sisi lain, terdapat juga total 32 core Neural Engine yang dapat memproses 22 triliun operasi per detik.

Dan dari sisi daya, mereka mengklaim bahwa M1 Ultra memiliki performa 90 persen lebih tinggi dengan 100W daya lebih rendah jika dibandingkan dengan prosesor desktop dengan 16 core, dimana sebuah klaim yang sangat berani.

Lalu untuk GPU sendiri, Apple mengklaim bahwa GPU mereka memiliki performa yang sama dengan GPU diskrit desktop terbaik dengan penarikan daya 200W lebih rendah. Namun, mereka tidak menyebut GPU apa yang mereka gunakan sebagai perbandingan.

Terakhir, untuk teknologi fabrikasi sendiri, mereka tampaknya masih menggunakan teknologi fabrikasi 5nm. Dan perusahaan yang akan memproduksi M1 Ultra ini diduga dari TSMC, yang sudah menjadi rekanan bisnis mereka sedari lama. Prosesor ini pun akan hadir di beberapa perangkat premium, termasuk Mac Studio terbaru mereka.

Share
×
tekid
back to top