Apple peringatkan resiko keamanan di perangkat miliknya

Oleh: Litalia Putri - Senin, 22 Agst 2022 16:10 WIB

Perusahaan mengakui adanya resiko keamanan yang serius pada sejumlah perangkat buatannya, seperti iPhone, iPad, dan Mac.

Baru-baru ini, Apple dilaporkan telah memberikan peringatan kepada sejumlah pengguna perangkat mereka. Perusahaan ini mengakui adanya resiko kerentanan keamanan yang serius pada produk buatannya, seperti iPhone, iPad, dan Mac. 

Perusahaan teknologi yang berbasis di Cupertino ini mengungkap, pihaknya menemukan adanya kerentanan yang memungkinkan peretas untuk mengeksploitasi secara aktif perangkat iPhone, iPad hingga Mac. Kerentanan ini berpotensi bagi hacker untuk mengambil kendali penuh atas perangkat yang terinfeksi, melalui eksploitasi kernel dan webkit. 

Berdasarkan informasi dari Proactive (22/8), Apple sejauh ini telah mengkonfirmasi adanya dua kerentanan yang ditemukan. Pihaknya mengatakan, eksploitasi tersebut dapat dimulai lewat sebuah konten web atau aplikasi jahat yang memungkinkan hacker untuk mengakses kode pada perangkat tertentu. 

Untuk menghindari kerentanan ini, perusahaan menyarankan kepada pengguna untuk segera memperbarui semua perangkat Apple yang terpengaruh. Pengguna disarankan untuk segera memperbarui perangkat miliknya ke software yang lebih baru.

“Memberikan pembaruan keamanan penting dan direkomendasikan untuk semua pengguna,” tulis Apple, dilansir dari Proactive