Apple resmi luncurkan MacBook Pro, apa saja yang baru?

Oleh: Zhafira Chlistina - Selasa, 19 Okt 2021 08:01 WIB

Apple MacBook Pro baru hadir dengan banyak peningkatan, di antaranya chip baru Apple, layar dengan notch, dan port yang lebih banyak.

Apple resmi meluncurkan MacBook Pro baru dalam acara Unleashed dini hari tadi(19/10). Laptop ini hadir dalam beberapa peningkatan, termasuk penggunaan dua chip baru Apple, yaitu M1 Pro dan M1 Max dengan performa yang lebih tinggi.

Chip baru Apple

Dikutip dari Mashable, M1 Pro memiliki 6 atau 8 core yang berkinerja tinggi dan 2 core efisien, memberikan kinerja 70% lebih baik dibanding chip M1 yang diluncurkan tahun lalu. Chip ini dipadukan dengan GPU 14-core atau 16-core yang diklaim memberikan kinerja grafis 2x lipat lebih baik dibanding pendahulunya, M1 Pro hadir dengan RAM maksimum 32GB.

Berkat chip M1 Pro, MacBook Pro ini diklaim jauh lebih fleksibel dalam hal menghubungkan ke layar tambahan. Pengguna dapat menghubungkan dua layar XDR tambahan. Dan dengan chip M1 Max, pengguna dapat menghubungkan hingga tiga layar XDR dan TV 4K tambahan

Selain itu, M1 Max disebut beperforma lebih tinggi lagi dari M1 Pro dan M1 tahun lalu. Chip ini memiliki bandwidth memori lebih banyak dan GPU 32-core. Ini memberikan kinerja grafis 4x lebih baik daripada M1 dan mendukung memori RAM maksimum 64GB.