Apple bantah rekam percakapan pengguna iPhone

Oleh: Lely Maulida - Kamis, 09 Agst 2018 11:10 WIB

Dalam sebuah surat ke pemerintah AS, Apple menegaskan bahwa iPhone tidak mendengarkan apa yang dikatakan penggunanya

Pengguna perangkat elektronik sempat dikhawatirkan dengan adanya laporan bahwa perangkat seluler dan speaker pintar menguping pembicaraan pribadi mereka. Apple pun tak luput dari salah satu merek yang terseret. Namun perusahaan membantah hal itu.

Dalam sebuah surat kepada anggota parlemen federal, Apple menegaskan bahwa iPhone tidak mendengarkan apa yang dikatakan pengguna. Perusahaan dengan valuasi triliunan itu juga menyatakan pengembang aplikasi pihak ketiganya tak memiliki akses ke data audio.

"iPhone tidak mendengarkan konsumen kecuali mengenali pemicu audio yang jelas dan tidak ambigu 'Hey Siri'," kata Director of Federal Government Affairs Apple, Timothy Powderly dalam surat itu.

"Pelanggan bukanlah produk kami, dan model bisnis kami tidak bergantung pada pengumpulan sejumlah besar informasi data pribadi untuk memperkaya profil yang ditargetkan, yang dipasarkan ke pengiklan," katanya.

Pernyataan Apple ini dilontarkan sebagai jawab atas pertanyaan dari Energy and Commerce Committee yang melayangkan surat pada Juli lalu kepada CEO Apple Tim Cook dan CEO Alphabet, perusahaan induk Google, Larry Page. Komite itu meminta rincian terkait data smartphone perusahaan. Google sendiri belum diketahui apakah sudah memberikan tanggapan, dan menolak dimintai komentar oleh CNN.