Lacak sebaran virus corona, aplikasi PeduliLindungi sudah bisa diunduh

Oleh: Zhafira Chlistina - Senin, 30 Mar 2020 17:12 WIB

PeduliLindungi adalah aplikasi buatan anak dalam negeri yang sedang dikembangkan Kementerian Komunikasi dan Informatika. Aplikasi ini sudah bisa diunduh sebagai aplikasi uji coba.

Source: Tek.id

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dikabarkan tengah mengembangkan aplikasi untuk melacak sebaran virus corona (Covid019) di Indonesia. Kominfo mengklaim aplikasinya ini merupakan karya anak negeri yang didedikasikan untuk negara dalam membantu menghentikan penyebaran Covid-19.

Kini aplikasi tersebut sudah bisa diunduh masyarakat di Play Store dengan nama PeduliLindungi. Atau anda juga bisa mengunduh melalui laman PeduliLindungi.id. Namun Kominfo mengatakan nama tersebut masih sementara karena masih menunggu persetujuan Presiden Joko Widodo. Aplikasi pun masih dalam tahap uji coba.

Berdasarkan informasi yang tertera pada laman, aplikasi ini nantinya akan mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan Covid-19 dapat dilakukan. Penelusuran ini dapat bekerja apabila pengguna mengaktifkan bluetooth pada ponselnya untuk merekam data dalam radius tertentu dari gadget lain yang bluetoothnya aktif juga.