Aplikasi parental control tidak ampuh untuk anak

Oleh: Dinda Ayu Widiastuti - Jumat, 06 Apr 2018 11:04 WIB

Penelitian dari University of Central Florida mengungkap bahwa aplikasi parental control tidak begitu efektif bagi anak

Source: Pexels.com

Sebuah penelitian baru yang dilakukan oleh University of Central Florida, baru saja mengungkap bahwa aplikasi parental control tidak efektif seperti yang seharusnya. Selain itu, penggunaan aplikasi ini cenderung membuat jarak antara orang tua dan anak remaja.

Dilansir dari Phone Arena (5/4), Berdasarkan survei online yang dilakukan oleh 200 orang orang tua, yang setidaknya memiliki satu anak berusia 13 hingga 17 tahun. Setengah dari jumlah orang tua tersebut, mengaku menggunakan aplikasi parental control. Orang tua yang menggunakan aplikasi parental control ini cenderung lebih ketat, menuntut, dan menolak berkompromi dengan anak-anak mereka.

Bukan hanya itu, remaja yang menggunakan aplikasi parental control pada smartphone-nya cenderung lebih melihat konten eksplisit, dibandingkan dengan remaja yang tidak menggunakan aplikasi parental control. Sehingga studi ini menyimpulkan bahwa aplikasi parental control ini tidak begitu efektif.

Kemudian penelitian ini juga menyasar ke Google Play Store, di mana mereka meneliti komentar yang diposting oleh orang tua dan anak-anak (mulai usia 8 hingga 19), pada sekitar 736 aplikasi parental control yang tersedia untuk perangkat Android. Hasilnya adalah orang tua tersebut memberi aplikasi parental control dengan ulasan yang bagus.

Sedangkan sekitar 79 persen anak-anak atau remaja memberi ulasan bintang dua atau kurang dari itu. Pasalnya, anak-anak tersebut merasa bahwa aplikasi ini telah melanggar privasi mereka. Bahkan, anak-anak ini juga mengeluhkan bahwa aplikasi parental control ini bisa mengubah orang tua mereka menjadi pengintai setiap tindakan dari anak-anaknya.