Aplikasi ini tipu 10 juta pengguna yang ingin perbarui OS Andorid

Oleh: Nur Chandra Laksana - Jumat, 05 Jul 2019 16:07 WIB

Salah satu analis keamanan bernama Aleksejs Kuprins mengatakan, meskipun aplikasi ini tidak terdapat malware, tapi aplikasi ini merupakan sebuah penipuan.

Ilustrasi menggunakan smartphone (Pexels)

Melakukan update berkala di perangkat Android merupakan salah satu cara menangkal malware untuk mempengaruhi perangkat pengguna. Biasanya, para vendor smartphone melakukan hal ini melakukan sistem On The Air (OTA), melalui menu update di pengaturan perangkat.

Uniknya, masih banyak orang yang tidak mengetahui cara melakukan pengecekan update perangkat mereka. Sayangnya, kurangnya pengetahuan ini membuat beberapa pihak membuat aplikasi ‘palsu’ yang bernama Updates for Samsung.

ZDnet (5/7) melaporkan, aplikasi ini telah ‘menipu’ pengguna dan mengatakan akan memberikan pembaruan perangkat mereka. Namun, alih-alih masuk ke pengaturan dan mengecek apakah perangkat mereka sudah memiliki pembaruan terkini, aplikasi ini malah melakukan hal lain.

Aplikasi tersebut malah menggiring penggunanya ke sebuah situs web yang dipenuhi iklan. Parahnya lagi, mereka meminta bayaran kepada para pengguna untuk melakukan pengunduhan firmware terbaru.

Yang parahnya lagi, aplikasi ini ternyata sudah diunduh lebih dari 10 juta pengguna. Tentu saja, angka ini bukan sebuah angka yang sedikit.