Aplikasi Helo resmi hadir di Indonesia, fokus konten lokal

Oleh: Zhafira Chlistina - Kamis, 15 Apr 2021 11:21 WIB

Helo merupakan aplikasi dari induk perusahaan TikTok, Bytedance yang berisikan segudang konten dengan fokus lokalisasi.

Helo, aplikasi baru dari raksasa teknologi Bytedance hari ini resmi diluncurkan di Indonesia. Sebagai one stop platform, Helo menampung segudang konten, tidak hanya konten hiburan seperti video dan gambar meme, tapi juga berita dari topik yang sedang tren. Sederhanya, aplikasi ini tampak menggabungkan konsep feed yang ada di Facebook, trending yang ada di Twitter, dan fitur editing video dari TikTok.

Di Indonesia sendiri, penggunaan platform digital semakin meningkat dan menjadi tren di kalangan masyarakat terlebih sejak pandemi. Berdasarkan data yang disebutkan Country Head of Operations Helo Indonesia Indira Melik, pengguna aktif platform sosial di Indonesia pada Januari 2021 mencapai 170 juta pengguna. Angka ini meningkat 6,3% dari total pengguna pada Januari 2020.

Helo terdiri dari 4 tab, yaitu Homepage, Tren, Notifikasi, dan Profil. Di dalam Homepage, pengguna dapat menemukan konten-konten dengan topik olahraga, motivasi, travel, meme lucu, keagamaan dan masih banyak lagi. Tab ini berisi kreativitas yang coba diekspresikan pengguna. 

Tab selanjutnya adalah Tren, yang menjadi salah satu favorit publik figur Sandra Dewi yang juga menggunakan Helo. Menurut Sandra, topik yang sedang hangat dapat ia ketahui melalui tab Tren ini dan selalu update setiap 10 menit.