Apa itu proyek Palapa Ring?

Oleh: Lely Maulida - Senin, 18 Feb 2019 13:56 WIB

Palapa Ring merupakan proyek pembangunan serat optik yang mejangkau hampir seluruh wilayah di Tanah Air.

(Foto: Azmiry)

Debat putaran kedua Calon Presiden belum lama usai. Salah satu topik yang menjadi perbincangan adalah infrastruktur internet melalui proyek Palapa Ring yang diakomodir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama beberapa pihak ketiga.

Palapa Ring merupakan proyek pembangunan serat optik yang mejangkau hampir seluruh wilayah di Tanah Air. Proyek yang dimulai pada 2015 itu akan mengakomodir jaringan serat optik nasional baik darat maupun laut, yang menjangkau 34 provinsi dan 440 kota/kabupaten di Indonesia.

Proyek Palapa Ring terbagi dalam tiga paket, yaitu Paket Barat, Tengah dan Timur dengan serat optik sepanjang 36.000. Palapa Ring Barat akan menjangkau wilayah di Sumatera dan Kalimantan dengan jaringan kabel serat optik sepanjang 1.980 km.

Palapa Ring Tengah akan menjangkau wilayah Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku Utara (sampai Kepulauan Sangihe-Talaud) dengan total panjang kabel serat optik sekitar 2.647 km. Sementara itu, Palapa Ring Timur menjangkau wilayah Nusa Tenggara Timur, Maluku, Papua Barat, dan Papua (sampai pedalaman Papua) dengan total panjang kabel serat optik sekitar 8.454 km.

Sejauh ini, beberapa paket dari proyek itu telah rampung. Kemenkominfo bahkan telah meresmikan tarif Palapa Ring Paket Barat. Paket Tengah juga telah rampung dibangun. Sementara Palapa Ring Paket Timur  masih dalam proses pembangunan, dan ditargetkan rampung pada kuartal dua tahun ini.