Android 13 bawa dukungan untuk memblokir notifikasi

Oleh: Nur Chandra Laksana - Jumat, 18 Mar 2022 13:35 WIB

Dalam versi developer preview terbaru, Google menanamkan fitur baru dimana pengguna bisa menonaktifkan notifikasi.

Developer preview kedua untuk OS Android terbaru, yakni Android 13 sudah mulai dapat diunduh pengguna. Dalam pembaruan ini, terdapat beberapa fitur baru yang sebelumnya belum ditawarkan saat pertama kali diperkenalkan.

Salah satu fitur yang paling unik adalah fitur dimana pengguna dapat mematikan notifikasi, bahkan sebelum sebuah aplikasi dapat menunjukkannya ke pengguna. Fitur ini disebut cukup berguna untuk mengurangi menumpuknya pemberitahuan di sebuah perangkat.

Aplikasi ini nantinya akan meminta izin dari pengguna setelah aplikasi tersebut dipasang. Jika pengguna mengizinkannya, maka aplikasi tersebut baru akan menampilkan notifikasi, seperti dilansir dari Gizmodo (18/3).

Selain itu, pembaruan lain yang dibawa oleh Google di Android 13 adalah terjemahan beberapa bahasa yang lebih baik. Pengguna juga akan mendapatkan fitur konversi bahasa yang menggunakan input fonetik. 

Misalnya, jika pengguna berbicara bahasa Jepang, maka pengguna akan dapat mengetikkan istilah pencarian dalam Hiragana yang disederhanakan, dan bilah pencarian akan mengkonversinya dan melengkapinya secara otomatis ke Kanji.