sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Jumat, 18 Mar 2022 13:35 WIB

Android 13 bawa dukungan untuk memblokir notifikasi

Dalam versi developer preview terbaru, Google menanamkan fitur baru dimana pengguna bisa menonaktifkan notifikasi.

Android 13 bawa dukungan untuk memblokir notifikasi

Developer preview kedua untuk OS Android terbaru, yakni Android 13 sudah mulai dapat diunduh pengguna. Dalam pembaruan ini, terdapat beberapa fitur baru yang sebelumnya belum ditawarkan saat pertama kali diperkenalkan.

Salah satu fitur yang paling unik adalah fitur dimana pengguna dapat mematikan notifikasi, bahkan sebelum sebuah aplikasi dapat menunjukkannya ke pengguna. Fitur ini disebut cukup berguna untuk mengurangi menumpuknya pemberitahuan di sebuah perangkat.

Aplikasi ini nantinya akan meminta izin dari pengguna setelah aplikasi tersebut dipasang. Jika pengguna mengizinkannya, maka aplikasi tersebut baru akan menampilkan notifikasi, seperti dilansir dari Gizmodo (18/3).

Selain itu, pembaruan lain yang dibawa oleh Google di Android 13 adalah terjemahan beberapa bahasa yang lebih baik. Pengguna juga akan mendapatkan fitur konversi bahasa yang menggunakan input fonetik. 

Misalnya, jika pengguna berbicara bahasa Jepang, maka pengguna akan dapat mengetikkan istilah pencarian dalam Hiragana yang disederhanakan, dan bilah pencarian akan mengkonversinya dan melengkapinya secara otomatis ke Kanji. 

Ini jauh lebih sederhana daripada sebelumnya ketika pengguna berbahasa Jepang harus secara manual mengonversi Hiragana ke Kanji di aplikasi lain sebelum menggunakan mesin pencari Google.

Selain itu, skrip non-Latin, seperti Tamil, Burma, Telugu, dan Tibet, juga lebih mudah dibaca dalam sistem operasi. Karakter bahasa ini akan memiliki adaptasi ketinggian garis yang lebih baik sehingga karakter penting tidak terpotong di layar.

Dan untuk para pengembang, mereka akan memprogram aplikasi jika sudah mendapatkan izin, setelah pembaruan perangkat lunak ke Android 13. 

Hal ini akan membantu membuat aplikasi lebih aman, karena memastikan aplikasi tidak memiliki akses ke data lokasi pengguna saat tidak sedang diperlukan.

Android 13 juga akan memiliki dukungan bawaan untuk audio Bluetooth LE . Bluetooth LE menggantikan Bluetooth classic dan akan memungkinkan perangkat Android untuk berbagi audio dengan perangkat lain dan mendengarkan siaran publik.

Terakhir, Android 13 menambahkan dukungan MIDI 2.0. Dukungan ini akan memudahkan menghubungkan periferal pembuat musik ke perangkat Android pengguna. Hal ini berguna untuk para profesional di bidang audio.

Menurut roadmap Google, developer preview kedua ini kemungkinan akan menjadi yang terakhir sebelum rilis beta pada April mendatang. Sedangkan untuk peluncuran versi yang lebih stabil kemungkinan akan hadir pada Juni 2022.

Share
×
tekid
back to top