Alasan mata kuliah Big Data hadir di FEB UI

Oleh: Lely Maulida - Rabu, 07 Mar 2018 18:05 WIB

Salah satu alasannya adalah mempersiapkan mahasiswa dengan kemampuan digital

Foto: Lely Maulida/Tek.id

Pelajaran atau mata kuliah terkait komputasi biasanya menjadi keilmuan yang ditujukan untuk jurusan komputer. Namun seiring diadopsinya teknologi di berbagai sektor industri, ilmu komputasi pun kini dipelajari oleh jurusan lain.

IBM Indonesia bekerjasama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Indonesia (UI) untuk menghadirkan kelas Big Data dan Komputasi Kognitif. Lantas apa alasan IBM Indonesia membawa keilmuwan tersebut ke ranah ekonomi?

Mulanya program ini diinisiasi oleh Departemen Akuntansi FEB UI yang melihat perkembangan kemampuan yang dibutuhkan dari sumber daya manusia (SDM) saat ini. Disisi lain, IBM Indonesia pun menyadari bahwa pengguna dari teknologi merupakan pelaku bisnis. Oleh karenanya, IBM menyanggupi tawaran kerjasama dari perguruan tinggi ternama itu.

"Resource yang kita siapkan harus multi talenta, mengerti teknologi dan proses bisnis," terang Country Manager Global Businessman Partner IBM Indonesia, Novan Adian.

Mata kuliah pilihan yang diampu IBM Indonesia bisa diikuti oleh semua mahasiswa di FEB UI. Dengan kelas Big Data dan Komputasi Kognitif, diharapkan mahasiswa mampu menganalisa data sehingga mahasiswa bisa memprediksi perilaku customer-nya.