Akamai: Ada lonjakan pengguna internet selama pandemi

Oleh: Nur Chandra Laksana - Senin, 21 Des 2020 10:42 WIB

Dalam hasil penemuan terbaru, Akamai mengatakan bahwa pengguna internet di Indonesia melonjak hingga 139% selama pandemi virus Corona.

Credit : Pixabay

Selama masa pandemi virus Corona ini, Indonesia disebut mengalami peningkatan penggunaan internet. Hal ini wajar, dikarenakan semua hal harus dilakukan di rumah, meski terkadang kita juga terpaksa keluar rumah. Namun dalam dua kondisi ini, keberadaan internet menjadi hal yang tak penting.

Selama masa ini, beberapa hal unik pun ditemukan. Dalam laporan baru dari Akamai yang berjudul ‘Indonesia: The Challenge of Monetizing in a Fast-Growing Market’ menunjukkan data yang menarik.

Mereka mengadakan beberapa wawancara dengan para pemimpin media senior di Indonesia selama periode tiga bulan, sepanjang Maret 2020 hingga Mei, yang merupakan masa awal pandemi di Indonesia.

Data yang dihadirkan menyebutkan pandemi ini telah menyebabkan lonjakan dalam aktivitas dan lalu lintas online. Peningkatannya pun tak sedikit, dimana menurut laporan mereka meningkat dari pertumbuhan per tahun sebesar 73% pada kuartal pertama 2020 menjadi 139% pada kuartal kedua. 

Meski responden memang mengharapkan terjadinya koreksi pasar, mereka tidak menduga akan melihatnya secepat ini. Sekitar 70% responden menyebut monetisasi sebagai prioritas bisnis utama saat mereka berinvestasi pada infrastruktur untuk menciptakan dan mendistribusikan konten kepada audiens lokal.