Akademi Edukreator 2021 hadir kembali dengan 3 kelas utama

Oleh: Zhafira Chlistina - Rabu, 14 Jul 2021 15:48 WIB

Kok Bisa kembali menyelenggarakan Akademi Edukreator 2021 dengan menghadirkan 3 kelas utama, di antaranya Akademis, Vokasi, dan Edutainment.

Akademi Edukreator kembali hadir memfasilitasi guru, akademisi, serta orang-orang yang ingin belajar untuk memperluas literasi dan konten edukasi di YouTube Indonesia (14/7). Kok Bisa selaku penyelenggara, kali ini berkolaborasi dengan YouTube Learning, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, LIPI, serta Kementerian Kesehatan dalam menghadirkan beragam konten edukasi.

Pada 2020 lalu, Akademi Edukreator berhasil mengumpulkan ribuan pendaftar, dan melatih 1.200 peserta yang terdiri dari anak muda, guru, dan profesional untuk menjadi edukreator. Para edukreator ini membantu memperbanyak jumlah video edukasi di YouTube yang saat ini merupakan salah satu referensi utama pelajar menemukan materi edukasi. 

Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI dalam acara livestream pembukaan Akademi Edukreator 2021 menekankan, guru adalah kunci utama untuk mengubah sistem pendidikan di Indonesia guna mempersiapkan generasi bangsa yang berdaya saing tinggi. Dia juga menitikberatkan pentingnya kebiasaan untuk berpikiran kritis.

“Tentunya pemain - pemain seperti Kok Bisa itu mendorong dengan cara luar biasa kemampuan berpikir kritis untuk menanyakan pertanyaan-pertanyaan yang terpenting dan memberikan jawaban-jawaban terhadap hal-hal yang tadinya banyak anak - anak muda kita mungkin belum mengerti karena belum ada yang pernah menjelaskan dengan cara yang lugas, jelas, dan sederhana. Itu juga suatu hal yang sangat membantu. Penyederhanaan daripada konten untuk bisa benar-benar dimengerti.” kata Nadiem.