9 pertanyaan penting soal layanan Stadia milik Google

Oleh: Nur Chandra Laksana - Rabu, 20 Mar 2019 16:10 WIB

Tim Tek.id memiliki total sembilan pertanyaan penting mengenai layanan streaming gim Google yang bernama Stadia.

Google Stadia (Cnet)

Google baru saja meluncurkan layanan streaming gim milik mereka yang bernama Stadia. Mereka menjanjikan, layanan streaming gim mereka dapat menjalankan gim dalam resolusi 4K 60 fps dengan dukungan HDR dapat digunakan oleh para gamer.

Meski terdengar sangat menjanjikan, namun ada beberapa poin yang menjadi perhatian tim Tek.id dari layanan tersebut. Dan inilah lima pertanyaan besar yang kami miliki terhadap layanan tersebut.

1. 4K 60fps HDR, butuh kecepatan internet seperti apa?

Dalam acara perkenalan Stadia beberapa waktu lalu, Google menyebutkan bahwa para gamer dapat melakukan streaming gim di resolusi 4K dengan 60fps. Belum lagi, pengguna akan mendapatkan dukungan HDR untuk mendapatkan pengalaman gaming yang baik.

Namun, hal ini menimbulkan pertanyaan. Jaringan internet seperti apa yang harus dimiliki oleh para gamer. Jika berkaca pada saat Google melakukan uji coba layanan Project Stream pada awal 2019 silam, pengguna diharuskan memiliki internet dengan kecepatan internet super cepat.

Kala itu, pengguna harus memiliki internet dengan kecepatan minimal 25 Mbps. Tapi, kala itu para gamer masih belum mendapatkan dukungan gim dalam resolusi 4K dengan 60 fps, serta tanpa ada dukungan HDR.