Kencang! 5G Telkomsel sentuh 600 Mbps

Oleh: Dommara Hadi S - Rabu, 02 Jun 2021 11:15 WIB

Dari hasil pengujian di dua titik yang diselenggarakan oleh Telkomsel, hasilnya bisa dikatakan cukup menjanjikan jika dibandingkan dengan kecepatan jaringan yang ada saat ini

Saat ini Telkomsel menjadi satu-satunya operator yang resmi menggelar jaringan 5G di indonesia. Meski jaringan 5G belum dapat digunakan secara resmi oleh konsumen Telkomsel, namun operator yang lekat dengan warna merah ini terus menguji jaringan seluler generasi kelimanya itu.

Senin (31/5), tim Telkomsel dan beberapa rekan media mengadakan serangkaian uji coba di dua titik yang mendapatkan cakupan 5G. Pengujian ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran awal terkait kecepatan yang akan ditawarkan oleh jaringan 5G milik Telkomsel. Walau masih tahap awal, hasilnya cukup memuaskan.

Lokasi pertama bertempat di Telkomsel Smart Office atau The Telkom Hub di bilangan Gatot Subroto. Pengujian saat itu menggunakan perangkat OPPO Reno5 5G dan menggunakan aplikasi Speedtest milik Ookla. Metodenya, dengan menjalankan aplikasi Ookla saat logo 5G muncul di jajaran sinyal di pojok kanan layar. Tim Telkomsel juga menentukan server pengujian melalui aplikasi Speedtest.

Dari lokasi pertama ini, kecepatan jaringan 5G yang didapatkan cukup menarik. Kecepatan unduh tahap awal jaringan 5G yang bisa diperoleh menyentuh angka 600 Mbps, sementara kecepatan unggahnya berkisar 60 Mbps. Dari pengujian ini, latensinya cukup stabil di angka 18 ms.

Beberapa kali pengujian yang tim Telkomsel lakukan di Telkomsel Smart Office mendapatkan angka rata-rata di 600 Mbps (download) dan 72 Mbps (upload).