5 Tips bikin toko online naik kelas

Oleh: Zhafira Chlistina - Kamis, 03 Mar 2022 08:57 WIB

Para pelaku usaha dewasa ini harus memutar otak untuk mencari strategi yang tepat atau memahami strategi digital branding agar dapat bertahan di tengah persaingan digital.

Source: Pexels

Pandemi Covid-19 tidak serta merta melumpuhkan ekonomi Indonesia, terutama ekonomi digital. Seperti ditunjukkan Xendit dari riset United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD), volume belanja di platform digital mengalami pertumbuhan pesat hingga 65% dari Maret 2020 (awal pandemi) hingga Maret 2021. 

Di samping itu, riset Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI) terhadap UMKM menunjukkan sebanyak 74,2% responden menyatakan penjualan meningkat selama pandemi, dengan rata-rata kenaikan sekitar 133%. 

Namun, para pelaku usaha harus memutar otak untuk mencari strategi yang tepat atau memahami strategi digital branding agar dapat bertahan di tengah persaingan digital. Penting bagi pemilik usaha untuk membangun brand dengan reputasi dan keunikan sendiri. Lebih lanjut, berikut 5 tips agar Sahabat Tek dapat membuat toko online kalian naik kelas.

Buat karakter brand yang unik dan berbeda dari kompetitor

Karakter brand tidak hanya dapat ditampilkan melalui nama, tapi juga logo, warna-warna dominan, hingga slogan. Buatlah sesuatu yang unik dan mudah diingat oleh orang-orang. Gunakan juga font dengan warna-warna yang konsisten untuk pemasaran di media sosial. Seperti halnya Nike dengan slogan “Just Do It” yang sudah dikenal orang di luar kepala, atau Hermes dengan warna oranye ikoniknya.